NAMA :
MUHAMAD RASYID
KELAS/NO ABSEN :X BDP
/ 16
SOAL ESAY BAB 3
1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan
dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan
2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
a. Measurable
b. subtantial
c. Accesible
d. Diferentiable
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
3 Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
a. Preferensi Pelanggan
b. Sensitifitas harga
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi
tersebut berikan contohnya.
4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan
a. Demografis
b. Geografis
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.
dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan
2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
a. Measurable
b. subtantial
c. Accesible
d. Diferentiable
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
3 Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
a. Preferensi Pelanggan
b. Sensitifitas harga
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi
tersebut berikan contohnya.
4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan
a. Demografis
b. Geografis
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.
1. Pengertian Segmentasi
Pasar adalah
pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik,
dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam
pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan
dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing mix tersendiri..
Pasar lebih mudah dibedakan,Pelayanan kepada
pembeli menjadi lebih baik, Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah
Mempermudah manajemen perusahaan
2. a. Measurable (Terukur)
Segmen pasar harus diukur berdasarkan
nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah pelanggan dalam segmen ini). Riset
pasar yang andal harus mampu mengidentifikasi ukuran segmen pasar hingga
tingkat akurasi yang masuk akal, sehingga ahli strategi kemudian dapat
memutuskan apakah, bagaimana, dan sejauh mana mereka harus memfokuskan upaya
mereka pada pemasaran ke segmen ini.
b.
Substantial (Substansial)
Sederhananya, tidak akan ada gunanya
membuang anggaran pemasaran dalam pasar yang tidak cukup besar, atau memiliki
daya beli negatif. Segmen pasar yang layak adalah dari kelompok yang homogen
dengan karakteristik yang jelas seperti kelompok usia, latar belakang
sosio-ekonomi dan persepsi merek. Hal yang “musiman” juga penting di sini.
Tidak ada ahli segmentasi pasar yang akan merekomendasikan untuk fokus pada
kelompok pelanggan yang tidak stabil yang kemungkinan akan bubar, satu atau dua
tahun.
c.
Accessible (Dapat
diakses)
Ketika melakukan riset terhadap segmen
pasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana audiens dapat mengakses
informasi tersebut. Lalu, Anda juga harus mengenal kekuatan dan kemampuan
departemen pemasaran perusahaan Anda. Mungkin ada segmen yang efektif
menanggapi iklan outdoor lebih baik seperti baliho atau papan
reklame. Namun ada pula segmen yang lebih suka menanggapi informasi melalui
kampanye media sosial, iklan televisi, atau sejumlah pendekatan lainnya.
d. Differentiable (Dapat
dibedakan)
Segmen pasar yang ideal di sisi
internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam segmen memiliki preferensi
dan karakteristik yang sama), namun secara eksternal adalah heterogen.
Perbedaan antara segmen pasar harus didefinisikan dengan jelas sehingga
kampanye produk dan alat pemasaran dilaksanakan tidak tumpang tindih.
e. Actionable (Dapat
ditindaklanjuti)
Segmen pasar harus memiliki nilai
praktis dan harus menyediakan data pendukung untuk posisi pemasaran atau
pendekatan penjualan. Hal ini harus menjadi hasil yang mudah diukur, ideal
dalam kaitannya dengan pengukuran yang ada dari segmen pasar sebagaimana
didefinisikan oleh riset dalam mengeahui segmen pasar.
3. a. Preferensi Konsumen adalah
pilihan suka tidak suka oleh seseorang terhadap produk (barang atau jasa) yang
dikonsumsi.
b.Sensitivitas harga adalah ukuran kepekaan konsumen terhadap perubahan
suatu produk / jasa
4. 1. Segmentasi Demografis;
Pendekatan Segmentasi Demografi adalah
membagi pasar berdasarkan karakteristik umum pelanggan dan konsumen.
2. Segmentasi Geografis;
Pendekatan
Segmentasi Geografis adalah membagi pasar menjadi unit geografis yang berbeda
5. a. Preferensi yang homogen
Ini menunjukan suatu pasar di mana semua konsumen dapat dikatakan
mempunyai kesukaan yang sama, baik mengenai harga maupun kualitas. Dengan
demikian diperkirakan para konsumen mempunyai kesukaan yang sama terhadap merek
yang ada.
b. Preferensi yang menyebar
Ini menggambarkan bahwa konsumen mempunyai kesukaan yang
berbeda-beda tentang apa yang mereka inginkan dari sebuah produk. Preferensi
ini juga menandakan bahwa masyarakat tidak hanya bergantung pada satu brand saja.
c. Preferensi yang mengelompok
Selain preferensi yang homogen dan preferensi yang menyebar juga
terdapat preferensi yang mengelompok. Di mana konsumen yang berada dalam satu
kelompok cenderung memiliki kesukaan yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar