Minggu, 15 September 2019


NAMA                        : MUHAMAD RASYID
KELAS/NO ABSEN    :X BDP / 16

SOAL ESAY BAB 3
1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan 
    dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan

2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:

    a. Measurable
    b. subtantial 
    c. Accesible
    d. Diferentiable
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut

3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:

    a. Preferensi Pelanggan 
    b. Sensitifitas harga
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi 
    tersebut berikan contohnya.

4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan 

    a. Demografis
    b. Geografis

5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.

1.   Pengertian Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing mix tersendiri..
    Pasar lebih mudah dibedakan,Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik, Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah Mempermudah manajemen perusahaan

2.   a. Measurable (Terukur)
Segmen pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah pelanggan dalam segmen ini). Riset pasar yang andal harus mampu mengidentifikasi ukuran segmen pasar hingga tingkat akurasi yang masuk akal, sehingga ahli strategi kemudian dapat memutuskan apakah, bagaimana, dan sejauh mana mereka harus memfokuskan upaya mereka pada pemasaran ke segmen ini.
         b. Substantial (Substansial)
Sederhananya, tidak akan ada gunanya membuang anggaran pemasaran dalam pasar yang tidak cukup besar, atau memiliki daya beli negatif. Segmen pasar yang layak adalah dari kelompok yang homogen dengan karakteristik yang jelas seperti kelompok usia, latar belakang sosio-ekonomi dan persepsi merek. Hal yang “musiman” juga penting di sini. Tidak ada ahli segmentasi pasar yang akan merekomendasikan untuk fokus pada kelompok pelanggan yang tidak stabil yang kemungkinan akan bubar, satu atau dua tahun.
          c. Accessible (Dapat diakses)
Ketika melakukan riset terhadap segmen pasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana audiens  dapat mengakses informasi tersebut. Lalu, Anda juga harus mengenal kekuatan dan kemampuan departemen pemasaran perusahaan Anda.  Mungkin ada segmen yang efektif menanggapi iklan outdoor lebih baik seperti baliho atau papan reklame. Namun ada pula segmen yang lebih suka menanggapi informasi melalui kampanye media sosial,  iklan televisi, atau sejumlah pendekatan lainnya.
              d. Differentiable (Dapat dibedakan)
Segmen pasar yang ideal di sisi internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam segmen memiliki preferensi dan karakteristik yang sama), namun secara eksternal adalah heterogen. Perbedaan antara segmen pasar harus didefinisikan dengan jelas sehingga kampanye  produk dan alat pemasaran dilaksanakan tidak tumpang tindih.
                  e. Actionable (Dapat ditindaklanjuti)
Segmen pasar harus memiliki nilai praktis dan  harus menyediakan data pendukung untuk posisi pemasaran atau pendekatan penjualan. Hal ini harus menjadi hasil yang mudah diukur, ideal dalam kaitannya dengan pengukuran yang ada dari segmen pasar sebagaimana didefinisikan oleh riset dalam mengeahui segmen pasar.

3. a. Preferensi Konsumen adalah pilihan suka tidak suka oleh seseorang terhadap produk (barang atau jasa) yang dikonsumsi.
    b.Sensitivitas harga adalah ukuran kepekaan konsumen terhadap perubahan suatu produk / jasa

4. 1. Segmentasi Demografis;
Pendekatan Segmentasi Demografi adalah membagi pasar berdasarkan karakteristik umum pelanggan dan konsumen.
2. Segmentasi Geografis;
Pendekatan Segmentasi Geografis adalah membagi pasar menjadi unit geografis yang berbeda

5. a. Preferensi yang homogen

Ini menunjukan suatu pasar di mana semua konsumen dapat dikatakan mempunyai kesukaan yang sama, baik mengenai harga maupun kualitas. Dengan demikian diperkirakan para konsumen mempunyai kesukaan yang sama terhadap merek yang ada.
b. Preferensi yang menyebar
Ini menggambarkan bahwa konsumen mempunyai kesukaan yang berbeda-beda tentang apa yang mereka inginkan dari sebuah produk. Preferensi ini juga menandakan bahwa masyarakat tidak hanya bergantung pada satu brand saja.
c. Preferensi yang mengelompok
Selain preferensi yang homogen dan preferensi yang menyebar juga terdapat preferensi yang mengelompok. Di mana konsumen yang berada dalam satu kelompok cenderung memiliki kesukaan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar